Teknik
Mengajar Yang Baik dan Efektif
Menjadi
Seorang guru/instruktur/dosen harus memiliki kemampuan yang baik dalam
menyampaikan materi apa yang diajarkannya,
bila
tidak… maka yang terjadi adalah siswa/mahasiswa akan kurang faham, tidak
menyukai mata pelajaran tersebut atau bahkan anda sendiri sebagai pengajar
tidak disukai. Tidak pelit nilai mungkin hal yang bijak sebagai seorang
pengajar dan tentunya anda akan menjadi pengajar favorit dikelas, tetapi hal
ini tidak mendidik dan merugikan siswa yang anda didik. Berikut ini ada
beberapa tips yang biasa saya lakukan bila menyampaikan materi dikelas :
Sebelum
Menyampaikan Materi :
1.
Pelajarilah kembali materi yang akan disampaikan dan buatlah rangkuman atau
point-point penting pada materi tersebut, karena mungkin anda banyak mengajar
mata pelajaran lainnya maka terkadang sudah agak lupa dengan materi ini
sehingga perlu dipelajari lagi agar lebih siap.
2.Buatlah
diktat atau rangkuman yang dapat di fotocopy atau disalin oleh siswa, sehingga
kita tidak perlu merujuk banyak buku kepada siswa. Hal ini juga memudahkan
siswa sehingga ia tidak perlu banyak membeli buku. Apabila mata pelajarannya
eksak/hitungan, buatlah rangkuman rumus kepada siswa.
3.Siapkan
soal-soal latihan sebanyak-banyaknya dan dibagi menjadi kategori ringan,
sedang, dan susah. Rangkum semua soal tersebut dalam satu buku atau file dan
buat memo disetiap soal tersebut… memo ini dibuat agar anda tahu kapan anda
pernah memberikannya kepada siswa dan pada kelas berapa, sehingga soal yang
sudah diberikan tidak disampaikan lagi pada pertemuan berikutnya.
4.Milikilah
absen siswa anda, dan buatlah tabel nilai dan presentase kemajuan siswa. Hal
ini berguna agar anda dapat mengetahui apakah materi anda telah diserap dengan
baik oleh siswa dan siswa mana yang perlu anda bimbing lebih ekstra agar
nilainya tidak jatuh.
Saat
di Kelas :
1.Buatlah
suasana yang menarik dan tidak membosankan, untuk itu anda harus banyak latihan
agar cara berbicara, sikap, dan metode ajar anda dapat diterima dengan baik
oleh siswa. Menjadi guru yang garang dan terlalu disiplin terkadang akan
membentuk siswa yang keras juga, untuk itu buatlah siswa takut karena hormat
kepada anda dan bukan takut karena hukuman anda. Pernah ada siswa yang sangat
nakal, namun ia justru malu dan takut dengan salah satu guru yang sangat
dihormatinya. Berikan perhatian anda dengan penuh kasih sayang, bukan mencari
kesalahan mereka..
2.
Buatlah quiz di awal dan akhir penyampaian materi, bila waktu tidak
memungkinkan lakukan hanya di akhir materi bukan diawalnya… hal ini dapat
menjadi indikator apakah materi yang telah disampaikan sudah diterima dengan
baik oleh siswa. Saya banyak mengalami quiz dilakukan hanya di awal materi, hal
ini hanya membuang waktu dan tidak efisien karena secara logika tentunya siswa
belum mengetahui materi yang akan disampaikan. Kalo soal quiznya materi hari
kemaren itu namanya ulangan… jadi perlu bedakan antara quiz dengan ulangan
yach…
3.
Sampaikan materi dengan menyampaikan point-point pentingnya saja, jangan
terlalu banyak bertele-tele atau terlalu banyak bercerita yang bukan dalam
ruang lingkup materi anda. Untuk materi eksak, perbanyaklah contoh soal…
sampaikan perlahan dan buat agar siswa juga sama2 ikut berfikir.
4.
Lakukan sistem ajar yang lebih interaktif berupa tanya jawab, pancinglah siswa
agar banyak bertanya. Selain itu ada juga perlunya anda bersenda gurau
disela-sela penyampaian materi agar tidak terlalu tegang.
5.
Pekerjaan Rumah (PR) dapat anda berikan setiap akhir penyampaian materi, namun
bila ternyata itu tidak efektif misalnya banyak yang tidak mengerjakan atau
ternyata banyak yang saling mencontek pekerjaan teman2nya sebaiknya metode PR
nya anda ubah misal dengan beda soal tiap siswa atau cara lainnya.
6.
Anda perlu melakukan evaluasi terhadap cara anda mengajar, ini bisa dilakukan
dengan memberikan questioner pada siswa terhadap cara mengajar anda.
7.
Anda juga dapat melakukan quiz interaktif, yaitu dengan membaca soal satu
persatu dan mahasiswa langsung menjawab.. anda berikan waktu yang terbatas
untuk menjawab soal tersebut. Misal bacakan soal no. 1 kemudian langsung
dijawab oleh siswa, setelah itu bacakan soal no.2 kemudian siswa menjawab,
demikian seterusnya… metode ini membuat siswa berfikir cepat dan tidak dapat
mencontek.
Selamat
mengabdi, didiklah anak kita untuk kemajuan bangsa dimasa yang akan datang…
Semoga Bermanfaat Read more
Komentar
Posting Komentar